Somalia merupakan negara yang sering menjadi pusat perhatian dunia karena bencana yang dialaminya. Sama seperti banyak negara di benua Afrika lain yang masih mengalami perang saudara dan juga kudeta pemerintahan, sehingga rakyat menjadi korban karena harus mengungsi ke tempat lain yang lebih aman. Padahal banyak juga negara lain di Afrika yang mengalami hal seperti itu sehingga mengungsi disana tidak bisa menjadi kebebasan dan juga perlindungan untuk rakyat di Afrika.

Begitu juga di Somalia yang mengalami berbagai masalah yang dihadapi seperti:

  • Masalah politik yang tidak kunjung usai dengan peperangan yang selalu terjadi di pemerintahannya.
  • Masalah kelaparan yang dialami oleh hampir semua masyarakat di sana yaitu lebih dari 50 persen orang di Somalia mengalami kelaparan yang berkepanjangan. Dimana kelaparan di Somalia ini membuat banyak masalah lainnya seperti kurang gizi yang membuat kesehatan memburuk karena kekurangan gizi yang dibutuhkan terutama untuk anak-anak yang mengalami gizi buruk parah di Somalia.
  • Masalah hujan yang tidak juga datang ataupun datang dengan intensitas yang kecil sehingga membuat kekeringan melanda di Somalia. Kekeringan tersebut membuat pertanian disana menjadi rusak sehingga panen gagal secara terus menerus dan telah mengalami kegagalan selama 5 tahun berturut-turut.
  • Masalah ekonomi yang membuat harga pangan di Somalia meninggi sehingga banyak orang yang tidak bisa untuk membeli gizi yang cukup untuk dikonsumsi.

Karena berbagai masalah kemanusiaan tersebut sudah sangat parah maka setiap masyarakat harus turun serta untuk membantu masyarakat yang ada di Somalia. Dimana banyak lembaga kemanusiaan juga telah turun tangan dengan selalu datang ke tempat tersebut dan membawa apa yang dibutuhkan oleh rakyat Somalia seperti makanan, minuman, dan juga dokter untuk menyembuhkan gizi buruk yang melanda. Media juga turut berperan yang seharusnya membuat masyarakat sadar bahwa di tahun dimana gadget sangat di unggulan seperti ini masih ada orang yang menderita gizi buruk karena kekurangan nutrisi.

Sehingga media mempunyai peran untuk dapat memblowup masalah kelaparan yang terjadi di Somalia agar membuat masyarakat sadar apa yang terjadi di dunia sesungguhnya. Selain media, lembaga kemanusiaan dunia, dokter, dan lainnya semua harus saling membantu untuk turut membantu menuntaskan masalah kelaparan yang menimpa rakyat di Somalia. Termasuk juga masyarakat secara individu yang dapat berperan untuk mengatasi dan membantu hal tersebut.

Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat umum untuk rakyat di Somalia misalnya:

  • Berdoa untuk keselamatan dan kesehatan rakyat Somalia.
  • Memberikan bantuan berupa donasi di lembaga yang khusus menangani hal ini. Sehingga nantinya donasi yang terkumpul akan bisa membuat makanan dan air bersih untuk rakyat Somalia.
  • Berperan secara aktif baik itu menjadi relawan dengan tenaga yang dikuasai seperti dokter, fotografer, dan masih banyak lainnya.