• hal yang menyebabkan gagalnya berbicara di depan umumGrogi

Hal yang wajar ketika jika anda merasa  grogi atau minder karena semua yang mengawali di bidang ini juga merasakannya, tapi yang tidak wajar adalah ketika anda membiarkan perasaan tersebut menguasai sehingga merusak presentasi .Sepertinya semua orang ketika pertama kali tampil didepan umum pasti akan merasa kurang percaya diri.perasaan ini muncul  karena adanya pikiran negatif dari dalam diri kita sendiri. Seringkali merasa memiliki banyak kekurangan, tidak pintar, tidak berpengalaman dan takut jika teryata gagal (tidak bisa) hal – hal yang membuat pesimis ataupun pasrah. kadang juga disebabkan karena status peserta lebih tinggi dari pembicara sehingga membuat polapikir menjadi kurang dan terlalu berhati hati.

  • Kurangnya Persiapan

Persiapan yang kurang membuat penguasaan materi yang tidak maksimal. Hal ini secara otomatis akan memicu rasa khawatir jika materi yang akan disampaikan tidak lancar. Bukan situasi yang enak dan banyak pilihan tapi situasi seperti ini bisa membuat presentasi berantakan.pernah sebuah presentasi sang pemateri berputar putar di pangung karena saking bingungnya audiensi di sarankan untuk meminum  minuman sebelum acara missal teh sariwangi agar menjadi realex sebelum ke atas pangung

  • Terlalu perfeksionis
    Anda menuntut diri diri untuk menjadi sangat karena and merasa dan berusaha untuk menghindari lupang yang menyebabkan anda masuk kelubang tersebut terlebih lagi untuk takaran seorang yang baru memulai. Tapi anda takut akan kenyataan tersebut. akibatnya, anda sangat takut akan membuat kesalahan dan itu dapat mempengaruhi psikologis anda pada saat membawakan materi.
  • Berpikiran negatif terhadap orang lain
    fikiran bahwa sebagian besar audiens akan menyerang dan anda dan menentang habis -habisan tentang apa yang anda sampaikan sehingga anda takut karena bisa menimbulkan banyak masalah. Apa yang anda pikirkan mungkin adalah apa yang akan terjadi nanti. Hati-hati dengan pikiran anda
  • Menyimpan rasa stress Anda sendiri.
    sebaiknya ada meminta saran orang lain karna msalah tidak bisa di pendam sendiri karena ini menyangkut nama baik anda juag,sering merasa kurang percaya diri dan berpikiran peserta yang hadir memiliki pengetahuan yang lebih tinggi dari anda maka anda akan stres. Berterus terang kepada audiens tentang hal tersebut dapat menolong Anda. Mencurahkan perasaaan Anda tentang hal itu secara terbuka tidaklah buruk. Selain Anda bisa mengatasi stress Anda, audiens akan lebih memaklumi dan menerima Anda dengan lebih terbuka juga ini malah membuat audiensi tidak terlalu menakutkan karena anda sudah saling memahami dengan audiensi.

Kadang kita harus mencotoh pemikir seperti bapak Habibie atau bapak jusuf kala mereka berdua sakangat terlihat ketika ingin berbicara akan berfikir terlebih dahulu baru berbicara seperti ada jarak atau gap itu penting karna pembicara tidak boleh asal omong karna dapat membuat audien menjadi ricuh tetapi juga jagan terlalu lama untuk diam malah akan menimbulkan peserta menjadi gaduh.