Furniture merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang bisa sekaligus sebagai barang bermanfaat dan juga barang estetika. Furniture yang berasal dari kayu jati asli bahkan memiliki harga yang fantastis sehingga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Umumnya furniture kayu jati diletakkan di ruang publik di rumah agar bisa dinikmati design dan warnanya yang mengkilap. Karena merupakan barang yang antik dan mahal, furniture kayu jati seharusnya dijaga agar selalu awet serta mengkilap. Bagi Anda yang memiliki banyak perabot kayu jati, berikut ini adalah beberapa tips tentang furniture untuk memastikan keawetannya.

 

Jika Anda merupakan orang yang sesekali ingin mendekorasi rumah dengan memindahkan letak furniture, maka sebaiknya tidak menyeret furniture untuk memindahkannya ke lokasi lain. Cara yang paling tepat adalah dengan mengangkatnya sehingga bagian bawah tidak mengalami goresan akibat gesekan dengan lantai. Jika kesulitan mengangkat, Anda bisa menggunakan pesawat sederhana dengan roda di bagian bawah sehingga hanya perlu mengangkat furniture sebentar untuk diletakkan di atas alat bantu tersebut. Bawa furniture ke tempat baru yang sudah bersih untuk diletakkan kembali dengan cara mengangkatnya.

 

Untuk menjaga kilapnya agar tetap awet, furniture hendaknya dipernis kembali minimal 8 bulan sekali atau sesuai selera. Menambahkan minyak pernis juga bisa berfungsi untuk memberi warna yang lain dari furniture karena saat ini fernis sudah ada yang memiliki warna-warna tertentu. Ada cara yang bisa dilakukan untuk memoles furniture dengan fernis baru yaitu dengan cara semprot dan kuas. Untuk kuasan pertama lakukan pemberian fernis tipis hingga rata kemudian tambahkan pada kuasan selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Jangan sekali-kali menempatkan perabot kayu bersentuhan langsung dengan tanah. Misalnya Anda memiliki gazebo kayu jati yang dipasang di luar rumah. Sebaiknya balut tiang gazebo tersebut dengan bahan plastik sebelum ditancapkan ke tanah dan ditutup dengan semen agar kayu tak lekas lapuk di bawah tanah. Demikian juga dengan furniture sebaiknya jika memang harus ditempatkan di atas tanah, sebaiknya diberikan lembaran atau alas untuk memisahkan furniture dengan tanah agar tak ada serangga yang memakan kayu furniture Anda sehingga furniture menjadi lapuk.

 

Itulah beberapa tips tentang furniture yang bisa Anda terapkan untuk menjaga perabot kayu Anda tetap awet serta mengkilap. Selain melakukan tips di atas, membersihkan perabot juga harus rutin dilakukan misalnya dengan membersihkannya dengan lap kering atau basah untuk menjauhkannya dari debu. Jika furniture memiliki engsel sebagai pintunya, rajinlah memberinya oli agar bisa dibuka dan ditutup kembali dengan mudah. furniture kayu jati merupakan furniture tradisional kebanggaan bangsa sehingga sudah selayaknya Anda bangga dengan menjaganya jika memiliki koleksinya di rumah Anda.