Budget terbatas namun ingin beli mobil idaman, maka tak perlu khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya, diantaranya adalah dengan membeli menggunakan sistem kredit maupun beli seri bekasnya, harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Kendaraan memang sudah menjadi teman bagi masyarakat saat ini, dengan fungsi untuk mempermudah dan juga percepat akses mereka kemanapun. Dengan memiliki kendaraan sendiri nantinya juga semakin menghemat pengeluaran untuk biaya transportasinya. 

Produsen juga senantiasa tawarkan berbagai macam pilihan produk terbarunya, mulai dari seri kendaraan keluarga hingga mobil sport. Pastinya banyak yang sudah mulai berangan-angan untuk membeli kendaraan sendiri guna mempermudah pekerjaan, atau mungkin dijadikan sebagai modal untuk memulai sebuah bisnis, tentunya bukan masalah. Sistem pembelian secara kredit banyak dipilih untuk bisa mendapatkan mobil idaman, tanpa harus memiliki uang yang cukup. 

Hanya saja konsekuensi membeli menggunakan sistem ini juga sangat banyak, diantaranya adalah dari segi biaya yang harus dikeluarkan, meskipun tergolong ringan karena sistemnya adalah cicilan, namun nilai yang harus dibayarkan juga tidak bisa dipungkiri jika jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya, bisa sampai 30% lebih mahal. Itulah mengapa membeli kendaraan second jauh lebih dianjurkan. Karena sudah bekas kualitasnya tidak bagus lagi? Siapa bilang. Berikut ini cara mudah membedakan mobil bekas yang masih bagus dan tidak: 

  1. Body luarnya masih mulus bahkan jika dibersihkan sama seperti kendaraan yang masih baru, tentunya orang lain juga tak akan tau jika sebenarnya kendaraan yang Anda beli tersebut adalah bekas atau second. Apalagi jika tak ada lecet atau penyok sama sekali.
  2. Tarikan kencang, mencoba atau test drive termasuk bagian yang sangat penting ketika akan membeli sebuah kendaraan. Jika ketika dicoba kendaraan tersebut bisa menghasilkan tenaga yang cepat juga nyaman digunakan berkendara, artinya perawatan sebelumnya sangat baik, sehingga kualitasnya juga masih optimal hingga sekarang.
  3. Bukan mobil bekas kecelakaan atau terkena banjir, melihat riwayat atau sejarah mobil tersebut sangat penting jika tidak mau apa-apa terjadi, misalnya adalah mesin yang luarnya tampak bagus, namun tidak dengan performanya atau yang lain. Pastikan membeli kendaraan bekas bukan dengan riwayat kecelakaan ataupun terkena banjir.
  4. Keluaran tahun yang tidak terlalu lama, maksimal adalah keluaran 7 tahun sebelumnya, penting melihat hal ini karena akan sangat mempengaruhi harga jualnya kembali ke pasaran, jika nantinya ingin membeli yang baru.

 Harga mobil bekas untuk seri kendaraan keluarga terbilang murah meriah, mulai dari 50an juta rupiah sudah ada, bahkan dengan kualitas yang masih terlihat baru. hendaknya beli langsung dari pemilik pertama jika ingin dapatkan harga lebih murah.