Kolesterol merupakan zat lemak didalam darah yang berfungsi untuk memelihara membran sel. Tetapi jika kolesterolnya tinggi maka akan menyebabkan terjadinya masalah kesehatan yang serius. Gaya hidup yang tidak sehat merupakan penyebab utama terjadinya kolesterol tinggi. Misalnya saja diet, lemak jenuh yang tinggi, dan aktivitas fisik yang kurang, sehingga akhirnya menyebabkan kolesterol yang tinggi. Tetapi selain itu ada banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab terjadinya kolesterol tinggi seperti obesitas, merokok, minum berlebihan, faktor usia, dan juga keturunan. Masalah ini dapat meningkat jika adanya diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit ginjal. Tetapi para penderita kolesterol tinggi ini tidak perlu khawatir karena adanya solusi untuk mengatasinya yang bisa dilakukan di rumah.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk obat kolesterol tinggi diantaranya yaitu :

  1. Biji Ketumbar

Kandungan hipoglikemik yang ada didalam biji ketumbar akan berfungsi untuk mengatur diabetes. Biji ketumbar ini bisa dibuat ramuan dan cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama tama siapkan bubuk biji ketumbar sebanyak 2 sdt lalu campurkan dengan air satu cangkir kemudian direbus. Setelah mendidih lalu disaring dan ramuan pun siap untuk diminum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal minum ramuan ini sehari 2 kali. Jika merasa aneh dengan rasanya maka dapat menambahkan susu, gula, atau juga kapulaga.

  1. Bawang Merah

Penggunaan bawang merah untuk menurunkan kolesterol ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan mencampurkan 1 sdt bawang merah yang sudah dijus dengan madu. Jahe juga bisa ditambahkan kedalam campuran tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal ramuan ini diminum sehari sekali.

  1. Gooseberry India

Cukup dengan mencampurkan bubuk gooseberry India sebanyak 1 sdt dengan segelas air hangat. Minumlah ramuan ini setiap pagi hari pada saat perut masih kosong.

  1. Cuka Sari Apel

Cara penggunaanya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel organik sebanyak 1 sdt dengan segelas air. Ramuan ini setidaknya diminum sehari itu sebanyak dua atau tiga kali selama 1 bulan. Secara bertahap kamu bisa menambahkan kadar cuka sari apelnya. Jika kamu merasa aneh dan tidak suka dengan rasanya maka bisa dengan menambahkan jus jeruk, jus apel, jus anggur, atau juga buah yang lainnya.

  1. Jus Jeruk

Kadar kolesterol yang tinggi akan berkurang secara alami dengan mengkonsumsi jus jeruk sebanyak 3 cangkir setiap hari. Hal ini dikarenakan kandungan Vitamin C, folat, dan flavonoid yang ada didalam jeruk tinggi.

  1. Minyak Kelapa

Tidak sedikit orang yang menyangka jika minyak kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Minyak kelapa organic ini bisa ditambahkan pada resep diet sebanyak satu atau 2 sdm setiap harinya. Pastikan tidak menggunakan minyak kelapa yang sudah diolah atau yang sudah diproses.

  1. Oatmeal

Dengan menikmati semangkuk oatmeal maka ini merupakan cara yang mudah dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan serat larut didalam oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan bahkan akan menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Supaya lebih berselera kamu bisa menambahkan buah buahan dan kacang kacangan seperti apel, pisang, stroberi, dan juga kenari.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk obat kolesterol tinggi. Dengan menggunakan bahan bahan alami diatas maka ini akan menjadi cara mudah dan aman karena tidak ada zat kimia didalamnya, sehingga tidak akan menyebabkan efek samping.